Tuesday, May 24, 2016

Menanggapi Video Peristiwa Rengasdengklok 15 Agustus 1945



Menanggapi Video Peristiwa Rengasdengklok 15 Agustus 1945

Menanggapi Video Peristiwa Rengasdengklok 15 Agustus 1945

 
Video 1 : “ Peristiwa Rengasdengklok 15 Agustus 1945 ’’
Rangkuman :
-         Peristiwa Rengasdengklok adalah peristiwa diculiknya Ir.Soekarno dan Drs.Moh.Hatta oleh para pemuda, kemudian di bawa ke Rengasdengklok.
-         Tujuan utama penculikan itu adalah untuk mendesak Soekarno dan Hatta agar segera memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia dengan kekuatan bangsa Indonesia sendiri.
-         Di Rengasdengklok suasana menjadi tegang. Setelah berdebat panjang, desakan para pemuda akhirnya disanggupi oleh Ir.Soekarno yang akan segera memproklamasikan Kemerdekaan, tetapi dilakukan di Jakarta.
-         Pada tanggal 14 Agustus 1945 jepang menyerah kepada Sekutu, kemudian pada tanggal 15 Agustus 1945 berita ini sampai di Indonesia.
-         Pada tanggal 16 Agustus 1945 rombongan dari Rengasdengklok tiba di Jakarta. Dengan mempertimbangkan berbagai tempat yang aman untuk membahas Proklamasi, kemudian Ir.Soekarno dengan para penyusun Teks Proklamasi lainnya menjadikan rumah Laksamana Muda Maeda sebagai tempat menyusun naskah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Di kediaman Laksamana Muda Maeda di Jl.Imam Bonjol no.1 Jakarta, teks Proklamasi dirumuskan.
-         Teks Proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.
Nilai – nilai kepahlawanan : Pantang menyerah, selalu bersemangat dalam berjuang, memiliki semangat persatuan dan nasionalisme, jiwa dan semangat merdeka.

No comments:

Post a Comment